Apa Sih LTE itu?

LTE atau long term evolution adalah suatu teknologi Radio yang dapat memberikan data rate lebih dari 100 Mbps (dengan BW 20 MHz dan MIMO 2×2 – throughput maksimum yang didapatkan sebesar 172 Mbps) dengan menggunakan Orthogonal Frequency Division Multiple Access
(OFDMA) sebagai radio interface di arah downlink dan 50 Mbps (dengan BW 20MHz) menggunakan Single Carrier- Frequency DivisionMultipleAccess (SC-FDMA) di arah uplink.

LTE dapat digunakan dalam Mode FDD atau TDD. Pada Uji coba LTE yang dilakukan Telkomsel, Mei lalu, menggunakan Bandwidth 10 MHz, sehingga throughput yang didapat sekitar ± 70 Mbps.

Evolusi atau Revolusi?
LTE dirancang oleh 3GPP untuk backwards compatible dengan 3G/HSPA baik secara services maupun mobility, LTE merupakan sebuah Evolusi dari 3G/HSPA dimana terdapat banyak kesamaan dari sisi teknologi, kecuali di air interface.

Pada ujicoba LTE, eksisting Node B Telkomsel hanya membutuhkan software upgrade untuk menjadikan nya sebagai e-Node B (LTE). Tidak ada perubahan radikal sehingga LTE dianggap sebagai sebuah evolusi.

Interkoneksi dengan operator lain atau integrasi dengan network eksisting dilakukan di EPC (Evolve Packet Core).

LTE keluarga 4G?
Ya, LTE merupakan tahapan selanjutnya dari GSM dan HSPA dan LTE juga akan mendukung voice dan data Hand over ke GSM. Sebagai tambahan, CDMA operator juga akan bermigrasi Ke LTE dan sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s