Perbedaan Antara Java Script Dan Java

Apa sih sebenernya “Perbedaan Antara Jawa Script dan Java..?”, apakah keduanya memang berasal dari “Jawa”…!!. Pada awalnya saya juga ga tahu apa sih sebenernya“Perbedaan Antara Java Script dengan Java”, karena penasaran ingin tahu akhirnya saya coba menanyakan sama oom Google dengan Keyword “Perbedaan Java Script dengan Java” dan setelah saya cari-cari akhirnya ketemu juga. nah ini hasil yang saya temukan :
  1. Javascript biasanya dalam penggunaanya digabungkan dengan HTML, tujuannya adalah memperkaya HTML supaya bisa lebih interaktif, oleh karena itu java script sangat tergantung dengan browser yang digunakan. Jika browser tidak mengijikan(disable) untuk menggunakan javascript makan aplikasi yang menggunakan javascript tidak maksimal, bahkan bisa saja error. Java adalah bahasa pemogramam berorientasi object(OOP) dimana aplikasi yang dibuat bisa langsung di eksekusi, tentu saja dengan melakukan compiler terlebih dahulu. Bahasa java mirip dengan .Net nya Microsoft, namun java bersifat terbuka, berbeda dengan .Net yang penggunaanya membutuhkan lisensi.
  2. JavaSript cuma bahasa scripting, sedangkan Java bahasa pemrograman yang multifungsi dan platform independent. Java bisa digunakan untuk membuat aplikasi desktop dan juga server (SDK dan EE) ada juga untuk pemrograman mobile (ME), sedangkan JavaSript berbasis client side hanya bisa dijalakan dengan browser dan dieksekusi di komputer klien.
    Selain itu Java juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi desktop yang dijalankan di Browser dengan menggunakan Applet, sedangkan JavaScript hanya bisa berjalan bila dikombinasikan dengan HTML.
  3. JavaScript adalah suatu script (text) yg dibaca oleh browser, kemudian diterjemahkan menjadi sekumpulan perintah. Kemudian perintah itu dijalankan di browser. JavaScript (umumnya) disisipkan dlm HTML. Java adalah suatu program yg dihasilkan (dicompile) di server, kemudian dijalankan di browser (kalo dia Java Applet) atau dijalankan di server (kalo dia Java Server Pages). Baru hasilnya ditampilkan di browser. Program Java harus diambil dari server.
Jadi Perbedaan utama antara Jaca Script dengan Java adalah cara suatu program dieksekusi. Dengan java sendiri penggunakaannya bisa lebih luas, JME –> untuk pengembangan aplikasi pada handphone, JDK –> pengembangan aplikasi pada desktop dan JEE –> untuk pengembangan aplikasi yang besar (enterprise)

Lengkapnya silakan kunjungi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s