Logo Windows 8 Disamakan dengan Titanic

TEMPO.CO, Jakarta – Kelewat jelek, pengamat digital Joe Wilcox, menyebut logo seri terbaru perangkat lunak Microsoft Windows, Windows 8, sebagai sebuah bencana. »Layaknya kapal Titanic, yang menjadi sebuah tragedi,” ujar Wilcox melalui situs http://www.betanews.com yang dipublikasikan pada 19 Februari 2012.

Sama seperti rancangan kapal Titanic, yang melibatkan banyak orang, logo Windows 8 tentu juga berdasarkan pertimbangan. Saat itu Titanic dijuluki unsinkable atau tidak dapat tenggelam. Namun kapal itu berakhir dengan tragedi yang menewaskan ribuan penumpangnya setelah menabrak gunung es di Samudra Atlantik pada 1912.

»Ada pandangan serupa mengenai Titanic dan Microsoft, keduanya tidak dapat ditenggelamkan,” kata Wilcox.

Microsoft tidak memiliki logo khusus perusahaan selain logo berbentuk bendera yang berkibar. Nama Microsoft sangat dikenal di dunia, namun itu tidak cukup. Perusahaan membutuhkan logo sebagai tanda pengenal. »Tidak memiliki logo adalah hal buruk bagi branding perusahaan,” ujar Wilcox.

Adanya berbagai kritikan selama ini, tidak membuat Microsoft memperbaiki atau mengubah estetika logo perusahaan itu. »Logo baru Windows 8 adalah sebuah kesalahan baru,” kata Wilcox.

Sama seperti pendahulunya, Windows XP, Windows Vista dan Windows 7, Windows 8 berlogo sebuah bendera berwarna biru muda yang dibagi secara vertikal dan horizontal dengan dua baris. Hal yang menjadi pembeda adalah warnanya.

Wilcox dapat memahami alasan Microsoft mempertahankan logo yang ia sebut mirip kepingan ubin itu. Menurutnya, perusahaan itu sudah merasa terlalu nyaman. Padahal jika ada perubahan logo, masyarakat turut merasakan sebuah perubahan.

»Siapa yang menyangka, ketika tahun 2004, saat Firefox diluncurkan, pengguna Internet Explorer menurun drastis dari 90 persen hingga 52,96 persen saja,” ujar Wilcox. Menurutnya, kejatuhan Internet Explorer adalah awal mula menurunnya popularitas Microsoft Windows.

Wilcox membandingkan Windows Live dengan produk keluaran Apple, yaitu tablet iPad. »Penjualan iPad mempengaruhi jumlah penjualan Komputer PC berbasis Windows, karena tampilan yang lebih segar”.

Branding yang baik membantu mengarahkan masyarakat dan pengguna suatu produk. Walaupun sebuah perusahaan sangat terkenal, logo tetaplah penting.

Sumber:http://id.berita.yahoo.com/logo-windows-8-disamakan-dengan-titanic-091240409.html;_ylt=AvaFYObXHsi3.qWjjEZeTjSeV8d_;_ylu=X3oDMTQzZjRpdTRvBG1pdANUb3BTdG9yeSBJbnRlcm5ldFNTRgRwa2cDZDM4NmYyZjktNGYwOC0zNTAzLTljM2YtODNlNjBhNDczOWUwBHBvcwMyBHNlYwN0b3Bfc3RvcnlfY29rZQR2ZXIDNDdhNGVhYjAtNWFlMC0xMWUxLTlkZGItNWQ5ZjFmMDY0MzNm;_ylg=X3oDMTI2Nzh2aG9tBGludGwDaWQEbGFuZwNpZC1pZARwc3RhaWQDBHBzdGNhdAN0ZWtub2xvZ2l8aW50ZXJuZXQEcHQDc2VjdGlvbnMEdGVzdAM-;_ylv=3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s